6 Manfaat Sumber Daya Alam Nabati

Tumbuhan merupakan sumber daya nabati yang memiliki peran potensial, yaitu sebagai awal dari mata rantai makanan. Secara umum, sumber daya alam nabati dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut, yaiut;

1. Sumber makanan (pangan). Beberapa kandungan di dalam tubuh tubuhan dapat dimanfaatkan, seperti vitamin (sayur mayur dan aneka buah), karbohidrat (padi, ubi, dan jagung), dan protein (kacang-kacangan).

2. Bahan baku furnitur (perabotan rumah tangga). Kayu dari beberapa jenis pohon tertentu dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan perabot rumah tangga. Contoh: kayu jati, rotan, daun dan batok kelapa.

3. Sumber bahan baku sandang. COntoh: kipas, serat daun pisang, dan lainnya.

4. Bahan baku obat. Jenis-jenis tanaman tertentu memiiki kandungan yang menurut penelitian dan pengalaman turun-temurun berkhasiat untuk mengobati jenis penyakit tertentu. Contoh: jahe merah, temulawak, kunyit, dan mahkota dewa.

5. Keperluan budi daya. Jenis tanaman tertentu dibudidayakan sebagai tanaman industri dan merupakan komoditas penting untuk ekspor. COntoh: kopi, vanila, teh, coklat, dan karet.

6. Sebagai hiasan (tanaman hias). Contoh: tanaman anggrek, anthumrium dan kamboja.

Baca juga artikel lingkungan di sini:

Kata Kunci Terkait:

manfaat sumber daya alam, manfaat sumber daya alam nabati, manfaat sda, sumber daya alam nabati, pemanfaatan sumber daya alam nabati, manfaat sda nabati, sumber daya nabati, manfaat nabati, manfaat sumber daya nabati, pemanfaatan sda nabati

Leave a Reply

Help Us

Berikut para sahabat ArtikelLingkunganHidup.com yang sudah membantu kami. Mau seperti mereka?, bantu Kami mengembangkan situs ini dengan meng LIKE fan page kami melalui jejaring sosial:

Topik Lingkungan yang baru dicari